Under About BDDP NTB | By Administrator on 2014-08-25 22:01:42

Profile Ketua BPPD NTB

TAUFAN RAHMADI
Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah
Nusa Tenggara Barat
 
         Terlahir dari keluarga kental nuansa religius, Taufan Rahmadi tumbuh menjadi sosok pria kreatif. cepat dalam berfikir dan akurat dalam mengambil putusan. Inilah yang melatarbelakangi kenapa Taufan Rahmadi kemudian dipercaya menahkodai badan promosi yang beranggotakan berbagai asosiasi pariwisata NTB.
 
         Pria kelahiran Mataram, 15 September 1974 ini, selalu optimis menatap masa depan. Karena itu menurutnya, NTB butuh pemikir-pemiikir kreatif untuk membangun pariwisata NTB terus berkembang. Tanpa harus meninggalkan cara lama, membangun promosi pariwisata NTB, Taufan Rahmadi mulai memikirkan cara baru, mempercepat destinasi wisata NTB lebih dikenal di dalam dan luar negeri. Salah satu yang digunakan adalah kekuatan media. Menghargai tiap peran media. Sekecil apapun peran media itu dalam menyampaikan pesan kepada publik, khususnya tentang keindahan alam dan kekuatan budaya Nusa Tenggara Barat.
 
         Selain menyadari pentingnya media, di internal badan promosi pariwisata ini, MOTIVASI menjadi kekuatan utama Taufan Rahmadi membangun tim work yang kokoh. Tanpa mengenal lelah, Taufan Rahmadi membangun komunikasi sebagai langkah awal konsolidasi di internal organisasi. Kekuatan motivasi ini dinilai Taufan Rahmadi sebagai kekuatan dan tolak ukur keberhasilan dan merealisasikan program-program yang sudah direncanakan sebelumnya.
 
         Dalam membangun visi-misi di BPPD NTB periode ini, Taufan Rahmadi, sang pekerja kreatif ini, membuat berbagai trobosan untuk mempercepat promosi Lombok-Sumbawa ke seluruh penjuru dunia. Videotron, telivisi di ruang publik terminal kedatangan pusat penerbangan, media massa publik (nasional dan lokal) media cetak, on line, buku dan brosur dimanfaatkan semaksimal untuk berpromosi. Pemanfaatan media publik ini juga dipilih karena dinilai sangat efektif menyebarluaskan informasi ke calon wisatawan di luar NTB.  Trobosan lain yang sedang digagas secara maksimal adalah Wisata Syariah. Wisata Syariah ini mulai diperkenalkan NTB, mengingat status sosial NTB yang dikenal dengan sebutan ‘Pulau Seribu Masjid’ dan “Sejuta Tahfidz Al Qur’an’. Program khusus ini, sekaligus menjadi tantangan BPPD NTB tersendiri di bawah kepemimpinan Taufan Rahmadi. Ke depan wisata syariah ini diharapkan menjadi kekuatan pariwisata NTB. Timur Tengah menjadi proyeksi pertama pasar baru wisatawan NTB bernuansa syariah.
 
         Proses kreatif, menjadi bagian hidup Taufan Rahmadi. Sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), dunia advertising ini sudah digelutinya. Dari sinilah Taufan Rahmadi mnenyadari betapa berartinya sebuah proses kreatif itu. Seiring dengan berjalannya waktu, Taufan Rahmadi menekuni dunia advertising ini dari sebuah organisasi kreatif bernama Ujung Pintu. Taufan Rahmadi memulai bisnisnya secara profesional di dunia kreatif ketika mendirikan Ujung Pintu Communication, sebagai event organizer pertama di Lombok. Dan berhasil membawanya go nasional tahun 2005. Mengerjakan event dari satu kota ke kota lain di Indonesia. Tahun 2007 kemudian bergabung dengan HIPMI dan memegang mandat sebagai sekretaris umum HIPMI NTB. Dari organisasi inilah Taufan Rahmadi mengembangkan sayap jaringannya, untuk menjalani dan kerja di dunia kreatif di level nasional. Bersamaan dengan kian gencarnya memperluas jaringan di level nasional, Taufan Rahmadi membuka sebuah event organizer dan advertising. Tekad dan semangatnya, membawa Taufan Rahmadi ke ibukota, mencoba mengadu kreatif dengan event-event organizer besar di Jakarta sekitar tahun 2011. Sebuah usaha di bidang creative strategy consultant.  Berbekal ilmu, pengalaman dan wawasan dunia kreatif inilah, Taufan Rahmadi membangun sebuah organisasi baru bertajuk T9 Communication, perusahaan creative strategyc and communication company empat tahun silam. Proses inilah yang kemudian ditanamkan untuk mempercepat laju pertumbuhan kunjungan wisatawan ke NTB. Di berbagai organisasi kreatif, nama Taufan Rahmadi cukup dikenal pelaku dunia kreatif.
 
         Semangatnya di dunia pariwisata, adalah bagian dari warisan kedua orang tuanya. Visinya adalah bagaimana menghadirkan pariwisata sebagai bagian dari kehidupan masyarakat yang tidak saja memberi kesejahteraan secara materi tetapi juga secara spiritual. Spirit yang ditanamkan di kepengurusan BPPD NTB di bawah kepemimpinannya, yaitu menjadikan BPPD NTB tidak eksklusif melainkan inklusif, terbuka bagi siapa saja. Menjadikan BPPD NTB sebagai ‘rumah promosi pariwisata’ secara bersama. Spirit hidupnya, “where there is a problem there is achievment”---dimana ada masalah disitulah kualitas diri akan teruji. Pencapaian hidup paling mulia adalah disaat karya yang dihasilkan bermanfaat untuk semua. (*)

Tulis Komentar 0 Comment

Komentar