Under News | By Administrator on 2015-10-17 17:37:31

Lombok Optimis Menang World Halal Travel

Mataram - Ajang World Halal Travel Awards 2015 akan diumumkan pada 20 Oktober mendatang di Abu Dhabi, UEA. Lombok yang mewakili Indonesia dalam 2 nominasi, yakin menang dalam ajang ini.

Keyakinan tersebut diungkapkan oleh Taufan Rahmadi, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB. Masuk ke dalam nominasi penghargaan saja Lombok sudah bersyukur, namun Taufan optimis akan memenangkan salah satu nominasi yang diberikan kepada Lombok.

"Bismillah. Insya Allah yakin menang," ujar Taufan kepada detikTravel di RM H Moerad, Mataram, Jumat (16/10/2015).

Rasa optimis Taufan didasari atas gencarnya promosi yang dilakukan oleh Menpar Arief Yahya, serta dukungan dari semua elemen masyarakat, bahkan termasuk Presiden Joko Widodo. Dengan dukungan dan vote dari semua orang, Lombok yakin menang.

"Proses ini sudah dimulai sejak bulan April. Kita daftarkan Lombok, terus pihak panitia minta data-data, kita berikan. Setelah itu, disebar ke berbagai negara, akhirnya kita jadi highlight dan masuk ke dalam nominasi," terang Taufan.

Menurut Taufan, banyak destinasi di Lombok yang sangat cocok untuk wisata halal bagi traveler muslim dari seluruh dunia. Termasuk juga untuk wisata bulan madu bagi pasangan muslim.

"Kita mesti punya strategi, kita tawarkan apa yang negara lain tidak punya. Turis muslim dari Timur Tengah paling suka yang hijau-hijau. Kita tawarkan Air Terjun Mata Jitu, Santong, Seneng Gile dan Tiu Kelep. Ada juga Gili Nanggu dan gili-gili lainnya," kata Taufan.

Meski Lombok jadi destinasi wisata halal, namun bukan berarti aturan ketat syariat Islam akan diterapkan di sini. Wisata halal ini karena di Lombok ada banyak tempat ibadah berupa masjid, termasuk juga restoran yang banyak menjual makanan halal.

"Wisata halal di NTB tidak akan mematikan pariwisata konvensional di Lombok. 95% penduduk di sini muslim, mereka tidak mau menjual yang tidak halal. Tapi kami tidak strict soal tersebut, hanya opsional. Bukan berarti turis bule nggak boleh, bebas saja," ucap Taufan.

Lombok dinominasikan untuk kategori World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination. Lombok akan bersaing dengan Malaysia dan Abu Dhabi untuk kategori tersebut. Penganugerahan juara 1,2, dan 3 akan dilakukan di Abu Dhabi.

"Besok saya akan ke Abu Dhabi bersama Pak Menteri untuk menerima award, tapi Pak Arief Yahya masih dalam konfirmasi jadi atau tidak," tutup Taufan. (detik.com)

Tulis Komentar 0 Comment

Komentar