Under About BDDP NTB | By Administrator on 2014-11-20 15:30:43

LEPAS PENYU DUKUNG PARIWISATA LOMBOK SUMBAWA

Tidak kurang dari 30 ekor penyu berbagai jenis dilepas di pantai Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penyu tersebut dilepas setelah dikeluarkan dari lokasi penangkaran penyu yang dibangun dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) Garuda Indonesia. Pelepasan penyu ini dilakukan management Garuda Indonesia bersama segenap unsur Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. Selain bertujuan untuk pelestarian lingkungan laut, pelepasan penyu ini juga dimaksudkan untuk mendukung promosi pariwisata Lombok-Sumbawa.

 

Direktur Layanan Garuda Indonesia, Faik Fahmi, mengaku Lombok Sumbawa memiliki obyek wisata yang luar biasa. Tidak saja yang tampak secara kasat mata. Lebih dari itu, keindahan bawah lautnya juga sangat potensial dipromosikan ke wisatawan. “Ini baru terlihat di Gili Trawangan, belum lagi di obyek wisata lain. Biota laut di Gili Trawangan ini sangat luar biasa. Dan ini sangat potensial “dijual” ke wisatawan,” ujar Faik, Kamis (20/11) di Gili Trawangwan.

 

Pelepasan penyu oleh management Garuda Indonesia ini, lanjut Faik, sebagai bentuk komitmen Garuda Indonesia mendukung pariwisata NTB. Pelepasan penyu ini diawali oleh Faik Fahmi diikuti karyawan Garuda Indonesia dan puluhan wisatawan asing yang kebetulan sedang berlibur di Gili Trawangan. “Anda bisa lihat, bagaimana antusiasnya wisatawan asing ikut serta melepas penyu. Dari sini bisa kita liat bahwa wisatawan tidak saja senang mendatangi obyek wisata. Yang terkait dengan pelestarian lingkungan, mereka juga senang. Jadi buat mereka betah dengan program-program seperti ini,” imbuh Faik Fahmi mendukung.

 

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Taufan Rahmadi, mengaku masukan yang disampaikan pihak Garuda Indonesia bisa menjadi refrensi rekan-rekan travel agent bisa lebih kreatif membuat program untuk menambah long stay wisatawan. “Ini jadi pertimbangan BPPD NTB juga lebih kreatif membuat program ke depan. Harapan kami tentu selain secara kuantitas tingkat kunjungan wisatawan bisa ditingkatkan, kami juga harus berpikir keras agar wisatawan bisa tinggal lebih lama di Lombok Sumbawa,” tukas Taufan.

Seorang wisman wanita asal Kanada, Elis, melepas penyu dengan ekspresi sedih. Saat dilepas dia mengucap selamat tinggal dan berharap datang ke pantai Gili Trawangan lagi."Good bye, little turtle, wish you come here again, (selamat tinggal kura kura kecil, semoga kamu datang lagi kesini," ucap dia.

Acara pelepasan penyu ini merupakan sebuah komitmen antara pihak Garuda Indonesia, BPPD, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB untuk menjaga kelangsungan hidup habitat alam yang dilindungi seperti penyu ini.(*)

Tulis Komentar 0 Comment

Komentar